You are here: Home » Kesehatan » Anda Sering Mengupil? Hati-hati! Simak Artikel Berikut Ini

Anda Sering Mengupil? Hati-hati! Simak Artikel Berikut Ini

Anda Sering Mengupil? Hati-hati! Simak Artikel Berikut Ini – Mengupil merupakan aktivitas yang biasa dilakukan untuk membersihkan hidung dari berbagai kotoran.

Dalam sehari, mungkin Anda dapat mengupil beberapa kali. Namun, jangan salah, walaupun aktivitas ini sering dianggap remeh, ternyata mengupil juga memberikan dampak yang sangat berbahaya.

Jangan meremehkan mengupil karena jika dilakukan dengan sering, Anda harus berhati-hati. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Lukanya lapisan dalam rongga hidung

Ketika Anda mengupil, Anda harus memerhatikan kuku tangan Anda terlebih dahlu. Ada baiknya Anda memotong kuku agar kuku Anda tidak menyakiti lapiran rongga dalam hidung yang memungkinkan untuk melukai lapisan dalam hidung.

Selain itu, ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar kuman dan bakteri yang ada dalam tangan Anda tidak masuk ke dalam hidung yang mungkin akan menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung.

Hal ini juga untuk menghindari kuman dan bakteri untuk masuk ke dalam sistem pernapasan Anda yang akan menyebabkan berbagai penyakit seperti flu, dan sebagainya.

  1. Rontoknya rambut hidung

Seringnya mengupil juga akan merusak rambut hidung. Rambut hidung akan mudah rontok ketika sering mengupil. Padahal rambut hidung mempunyai peranan yang sangat penting yaitu untuk menyaring debu.

Jika rambut hidung tidak ada, maka kuman dan bakteri penyebab penyakit yang ada di udara akan mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Pendarahan di rongga hidung

Keseringan mengupil juga akan menyebabkan lender yang ada dalam rongga hidung kering.

Padahal lender memiliki peran yang sangat penting juga, yaitu sebagai pelumas alami agar kotoran yang masuk tidak menyakiti rongga hidung yang mungkin akan menyebabkan pendarahan.

Namun, jarang mengupil juga akan menyebabkan lender bercampur dengan kotoran dan lama kelamaan mengeras sehingga akan menghambat proses bernapas.

  1. Meninggal dunia

Mungkin terdengar aneh dan tidak mungkin jika keseringan mengupil dapat menyebabkan kematian, namun hal ini memanglah benar adanya.

Jika Anda berusaha dengan paksaan agar upil besar dan keras yang ada dalam rongga hidung dikeluarkan, maka akan merusak tulang ethmoid.

Tulang ethmoid merupakan tulang yang ada di dalam rongga hidung yang memisahkan hidung dan otak. Jadi ketika Anda melukai tulang itu, maka cairan di otak Anda akan bocor.

Bocornya cairan itu akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti meningitis yang akan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.

Dari berbagai hal tersebut, sudah sepantasnya agar kita selalu berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengupil sekali pun.

Baca Juga : Turbulensi? Cepat lakukan 5 hal ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *