You are here: Home » Kecantikan » 6 Penyebab mata panda dan cara mengatasinya

6 Penyebab mata panda dan cara mengatasinya

6 Penyebab mata panda dan cara mengatasinya – Penampilan adalah salah satu hal utama yang harus kita jaga. Karena penampilan selalu dapat mencerminkan sifat dari seseorang.

Selain itu, penampilan selalu mampu meningkatkan rasa percaya diri ketika kita sedang berada di suatu tempat.

Dan masalah mata panda adalah salah satu pemasalahan yang cukup sering menjadikan seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya.

Lingkaran hitam atau yang biasa dikenal dengan nama mata panda adalah salah satu masalah penampilan yang memiliki banyak penyebab. Berkurangnya rasa percaya diri orang yang memiliki mata panda biasanya karena wajah jadi terlihat pucat dan kusam.

Namun walaupun sering menjadi kendala dalam berpenampilan, mata panda biasanya tidak akan berlangsung lama. Karena salah satu penyebab dari munculnya mata panda karena gaya hidup yang kurang teratur.

Dan apa saja yang dapat menyebabkan mata panda, berikut poin- poinnya:

  1. Merokok

Ini adalah salah satu alasan mata panda muncul. Karena orang yang merokok mengalami pengerutan pembuluh darah.

Dan karena pengerutan inilah kemudian sirkulasi darah menjadi tidak normal dan pembuluh darah akan lebih terlihat dari luar kulit.

Dan biasanya, pembuluh darah yang tidak normal ini berwarna gelap. Inilah yang kemudian menjadikan area sekitar manta menjadi gelap atau mata panda.

  1. Kurang tidur

Aktifitas keseharian yang cukup banyak dan kita kurang tidur ternyata juga mampu menjadikan mata panda. Pasalnya, tubuh yang kurang istirahat dapat menjadikan kulit berwarna pucat dan kantung mata dapat terlihat jelas karenanya.

  1. Hormon

Bagi kaum wanita, selain anemia, menstruasi juga dapat menimbulkan mata panda.

Hal ini karena tidak seimbangnya hormon didalam tubuhnya. Selain itu, perubahan hormon pada saat hamil atau Monopause juga dapat menjadikan pembuluh darah membengkak dan kantung mata terlihat dengan jelas.

  1. Kekurangan vitamin

Vitamin juga ternyata memiliki andil pada kemunculan mata panda. Jadi, jika kita ingin menghilangkan mata panda, salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah pola makan.

Rajin mengkonsumsi buah dan sayur- sayuran menjadi salah satu alternatif untuk dapat menghilangkan mata panda.

Beberapa vitamin yang menentukan munculnya mata panda adalah B, E, C, dan K. Jadi, jika kita kekurangan jenis vitamin- vitamin itu, mata panda akan sangat besar kemungkinannya untuk muncul.

Selain itu, vitamin adalah salah satu hal yang diperlukan kelenjar adrenalin untuk bekerja.

Jika kelenjar tersebut kelelahan akibat pola hidup yang tidak sehat dan penyerapan vitamin berkurang, maka dipastikan wajah akan terlihat bengkak dan mata panda akan muncul.

  1. Alergi

Hal lain yang dapat menjadikan mata panda adalah alergi.

Pasalnya, alergi dapat menjadikan pembuluh kecil yang ada disekitar mata membesar dan menekan kearah mata. Karena tekanan inilah kemudian mata akan membengkak dan warna pembuluh kecil ini akan terlihat dengan jelas.

Alergi biasanya menyebabkan kita jadi sangat ingin mengucek mata. tapi jangan pernah lakukan ini. Karena mengucek mata yang gatal dapat menjadikan pembuluh kapiler kecil membengkak dan berubah warna.

Segera konsultasikan jika kita mengalami alergi kepada dokter agar cepat mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Genetik

Masalah genetik adalah salah satu penyebab munculnya mata panda yang tidak bisa kita hindari sekaligus faktor utama kemunculannya.

Hanya saja, biasanya mata panda lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit gelap karena kandungan melanin yang cukup tinggi pada kulitnya.

Namun, selain ditentukan oleh kandungan melanin, mata panda biasanya juga dipengaruhi oleh bentuk wajah, kondisi kulit, struktur dari tulang, dan juga faktor penuaan.

Faktor penuaan menjadi salah satu faktor munculnya mata panda karena semakin lama kulit akan kehilangan kolagen dan kulit juga akan menipis.

Pada saat itulah urat darah yang ada di sekitar mata akan terlihat dengan jelas seakan- akan menjadikan mata menjadi semakin gelap.

Itulah beberapa penyebab mata panda yang harus kita ketahui. Mata panda sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus kita takuti karena pada dasarnya itu merupakan indikator dari pola hidup kita yang kurang sehat. Seperti kurang istirahat, stress, merokok, juga mengkonsumsi alkohol.

Jadi sebenarnya mata panda dapat dihindari dengan mengindari berapa hal diatas. Atau jika kalian memiliki informasi lain kenapa mata panda dapat muncul serta cara mengatasinya, mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ini dia penyebab seseorang keracunan makanan dan cara mencegahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *