You are here: Home » Blogger » 5 Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

5 Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted – Salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh orang untuk membuat blog yaitu WordPress. Pasalnya, penggunaan WordPress bisa dibilang cukup mudah, bahkan oleh seorang blogger pemula sekali pun.

Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Selain user friendly, WordPress juga memiliki berbagai fitur yang bisa membuat penggunanya menggunakan berbagai plugins sehingga bisa menghasilkan tampilan blog yang lebih menarik.

Baca Juga : Cara Membuat Forum WordPress

Kebanyakan orang-orang belum mengerti bahwa WordPress terdiri dari dua jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Untuk wordpress dengan jenis wordpress.org merupakan situs wordpress yang dibuat secara self hosted. Artinya, penggunanya harus mempunyai domain dan hosting sendiri lalu menginstall script dari situs wordpress.org terkait ke dalam hosting tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan oleh pengguna sebelum bisa membuat blog self hosted:

  1. Nama domain untuk website terkait

Sebelum bisa membuat blog self hosted, salah satu hal yang harus disiapkan dulu yaitu nama domain untuk website terkait. Domain ini bisa dibeli dari registrar dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Menyewa hosting yang akan digunakan untuk website

Dalam sebuah website, hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau database file-file yang diperlukan untuk mendukung tampilan website. Ada dua jenis hosting yang bisa digunakan, yaitu shared hosting dan juga dedicated hosting.

  1. Menginstal script wordpress ke dalam hosting tersebut

Menginstal script wordpress ke dalam hosting bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu secara manual atau dengan menggunakan software seperti Softaculous. Cara yang kedua merupakan cara menginstal script wordpress yang lebih cepat.

  1. Menginstal tema yang sesuai

Jika sudah berhasil menginstal script wordpress ke dalam hosting, maka penggunaan tema yang sesuai menjadi penting agar tampilan blog tersebut menjadi lebih menarik. Biasanya tema default sudah terpasang, namun tema ini bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

  1. Menginstal plugin dan pengaturan-pengaturan lainnya

Agar situs wordpress bisa menjadi lebih menarik dan berfungsi dengan baik, biasanya pembuat blog akan memanfaatkan plugins dan pengaturan-pengaturan lainnya.

Baca Juga : Cara Menambah Subscribe Youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *